Sabtu, 28 April 2012

Tips Guru Hari Pertama Mengajar


Hari pertama mengajar, tentu saja merupakan hari yang sangat  menentukan bagi seorang guru atau pendidik anak usia dini. Kenapa? Karena meski anak-anak masih sangat polosmereka juga tidak kalah dalam menilai seseorang. Malah justru karena kepolosan merekalah, seorang pendidik anak usia dini harus bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang menarik hati para anak didik. 

a. Materi pelajaran
    Yang pasti persiapan materi  mengajar haruslah benar-benar dipersiapkan baik-baik. Materi haruslah benar-benar yang menarik. Sebisa mungkin segala talenta yang kita  punya, bisa kita tunjukkan kepada anak-anak didik. Misalnya bila anda pandai  bernyanyi,  persiapkanlah  lagu yang terbaik buat   anak-anak didik
Bila anda pandai kerajinan tangan, buatlah sebuah karya kerajinan tangan yang nantinya bisa menjadi media pengajaran buat anak-anak didik. Supaya mereka benar-benar tahu, kalau  kita patut dihormati dan dihargai sebagai  guru dengan menunjukkan kualitas diri kita. Karena pada hari pertama itulah, anak-anak biasanya juga ditanya sama orang tuanya, ”Nak… gimana rasanya diajar sama Bunda Siti (bukan nama sebenarnya)?” Sehingga saat ditanya  sama orang tuanya, sang  anak bisa menjawab dengan jawaban yang luar biasa untuk didengarkan oleh orang tuanya.
b. Penampilan
Tampillah sebaik mungkin.  Penampilan ini tidak hanya berhubungan dengan pakaian kita,  malainkan juga “tindak tanduk” kita. Tampillah  sebaik mungkin,  bila perlu  pakai baju baru dan tubuh dan nafas  yang harus. Supaya anak-anak bisa betah berada di dekat kita. 
c. Hati yang gembira
Semua orang pasti tidak pernah   lepas dari yang namanya masalah. Sebagai pendidik  anak usia dini, sebaiknya kita jangan membawa  urusan rumah  tangga kita ke dalam sekolah. Meski kita sedih, atau lagi marah, jangan sampai perasaan itu terbawa di kelas atau saat kita mengajar. Biasanya itu akan sangat mempengaruhi kualitas mengajar  kita di depan anak-anak.
d. Hati yang ikhlas
Kata bunda-bunda pendidik  PAUD dan TK, hati yang ikhlas adalah syarat  yang terpenting bagi seorang pendidik anak usia  dini. Karena dengan hati yang ikhlas,  masalah-masalah yang mungkin timbul di dalam kelas terasa menjadi  lebih ringan dan bisa terselesaikan dengan baik,  sehingga tubuh pun tidak mudah terasa  capek. 

Kurikulum di TK B

Kurikulum Semester I
1. DIRI SENDIRI
    a. identitas
    b. panca indera
2. NEGARAKU
    a. lomba
    b. HUT RI
    c. lambang negara
3. HARI BESAR AGAMA
    a. Ramadhan
    b. liburan
    c.  silaturrahmi
4. KEBUTUHANKU
    a. rumah
    b. makan/minum
    c.pakaian
5. LINGKUNGAN
    a. keluargaku
    b. sekolah
6. KEBUNKU
    a. apotek hidup
    b. tanaman hias
    c.  macam sayuran
    d. macam buahan
7. BINATANG
    a. binatang ternak
    b. binatangkesayangan
    c. binatang buas/liar

Kurikulum Semester II
1. AIR, UDARA DAN API
    a. hujan
    b. kemarau
    c. kebakaran
2. PEKERJAAN
    a. macam-macam pekerjaan
    b. tempat bekerja
3. REKREASI
    a. pantai
    b. tempat-tempat bersejarah
4. ALAT KOMUNIKASI
    a. kegunaannya
    b. macam-macam alat komunikasi
5. NEGERIKU
    a. kehidupan di kota
    b. kehidupan di desa/kampung
    c. kehidupan pegunungan/pesisir
6. ALAM SEMESTA
    a. matahari
    b. bulan
    c. bintang
    d. bumi
7. AKU NAIK KELAS
    a. raport
    b. teman baru
    c. perlengkapan sekolah
    d. teman baru

Tujuan Pendidikan Nasional

  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut
  • Mengembangkan kepribadian dan potensi diri sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik
  • Membantu meletakkan dasar ke arah sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya
UU Sisdiknas No.20 Tahun 2003
  • Pasal 28 (1) : Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar
  • Pasal 28 (2) : Pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal,  nonformal, dan/atau informal
  • Pasal 28 (3) : Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat

Profil Sekolah

A. Profil Sekolah
     1. Nama Lembaga:
         TK Muslimat NU Khoirunnisa I 
      2. NSS:
         002296005029
     3. Tahun Pendirian:
         02 Desember 2002
      4. Ijin Operasional: 
         SK No. 018408 tanggal 28 bulan tahun

     5. Alamat:
         Jl. Ahmad Yani Dalam No.36 Kacang Pedang Gerunggang Pangkal Pinang kep.Bangka Belitung 33127
     6. Daerah:
         Perkotaan
     7. Status Sekolah:
         swasta
     8. Kelompok Sekolah:
          terbuka

  B. Visi Sekolah
     Mengembangkan kreatifitas berakhlak mulia, terampil mmbaca aksara Al-Qur'an

 C. Misi Sekolah
  • menanamkan nilai-nilai islami sejak dini dalam kehidupan sehari-hari
  • mengembangkan kreatifitas, percaya diri melalui pembelajaran yang aktif, kreatif, efektik & menyenangkan
  • meningkatkan aktifitas mengembangankan bakat sesuai potensi yang dimiliki
D. Letak geografis
  • sebelah utara: MAN
  • sebelah barat: MAN
  • sebelah timur: Jl. Ahmad Yani
  • sebelah selatan: SPBU

E. Kurikulum & Program pembelajaran:
  • kurikulum terpadu, yaitu integrasi nilai islam ke dalam bidang studi (pembelajaran&aktifitas anak)
  • bermain, bercerita, tebak kata, edukasi alam

F. Waktu belajar:
     08.30 - 10.30 WIB

G. Arah dan Tujuan Pendidikan:
  • memiliki aqidah yang sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an dan As-Sunnah
  • meyakini rukun iman & rukun islam
  • mensyukuri nikmat Alloh
  • berbakti kepada orangtua dan guru
  • menghormati yang lebih tua & menyayangi yang lebih muda
  • gemar berdzikir & berdo'a
  • mampu membaca surat-surat yang pendek
  • sopan santun dalam bergaul & berbusana
  • menjauhi sifat tercela
  • memiliki akhlak yang matang & terpuji
  • perduli terhadap sesama & lingkungan
  • rajin belajar & giat menuntut ilmu
  • dsb.