Jumat, 21 September 2012

Menggosok Gigi & Pemeriksaan Gigi Bersama

Di TK Khoirunnisa pada hari Jum'at, tanggal 21 September 2012 diadakan kegiatan "Menggosok Gigi Bersama dan Pemeriksaan Gigi". Kegiatan ini rutin diadakan di setiap sekolah, terutama di tingkat TK. Hal ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkembangkan sikap kemandirian, kedisiplinan dan kesadaran kepada anak-anak akan pentingnya menjaga kesehatan gigi.

mendapat pengarahan dari petugas puskesmas

Dalam kesempatan tersebut petugas puskesmas dari Kecamatan Kacang Pedang memberikan nasehat dan tata cara bagaimana menggosok gigi yang benar, yaitu untuk gigi bagian depan sikat diarahkan naik turun (dari atas ke bawah), sedangkan bagian dalam dengan jalan gerakan melingkar atau maju mundur.

anak-anak bersemangat menggosok gigi

"Dalam sehari minimal dua kali kita menggosok gigi, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sesaat sebelum tidur", kata salah satu ibu petugas puskesmas kepada anak-anak. Alhamdulillah anak -anak begitu antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan "menggosok gigi bersama" ini.

Setelah melakukan "menggosok gigi bersama" di halaman sekolah, kegiatan dilanjutkan dengan "pemeriksaan gigi". Satu persatu anak-anak dipanggil untuk diperiksa giginya. Alhamdulillah anak-anak secara tertib dan teratur satu persatu memenuhi panggilan petugas untuk diperiksa giginya. 


Tidak ada anak yang takut ataupun menangis karena giginya diperiksa. Alhasil semua kegiatan dari awal hingga akhir dapat berjalan dengan lancar.

saat menunggu giliran dipanggil....

Semoga kegiatan "menggosok gigi bersama & pemeriksaan gigi" ini akan memberikan pengaruh yang positif bagi tumbuh kembangnya kepribadian anak-anak. Hal ini karena dengan rutin dan secara teratur anak-anak menggosok gigi maka akan menumbuhkan rasa kemandirian dan kedisiplinan di diri anak-anak yang akan terbawa hingga mereka dewasa nanti. Mereka akan menyadari akan arti pentingnya menjaga kesehatan badan, salah satunya kesehatan giginya.


terimakasih ibu petugas dari Puskesmas Kecamatan Kacang Pedang...semoga ilmu dan nasehat yang telah disampaikan bermanfaat bagi anak-anak TK Muslimat NU Khoirunnisa I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar