Senin, 01 Oktober 2012

Salah Satu Cara Pembelajaran di Kelas

Guru TK dalam memberikan materi kepada anak-anak dapat dengan berbagai cara, melalui beraneka macam media yang ada di sekitarnya. Salah satu cara pembelajaran yang juga efektif adalah mengajak mereka duduk melingkar di lantai kelas. Hal ini akan mendatangkan kedekatan emosi di antara guru dan anak.


Setiap harinya anak tidak hanya diajar, disuruh mengerjakan tugas (baik menggambar, menulis, mewarnai ataupun aktifitas lainnya) dengan duduk di kursi dan meletakkan tugasnya di atas meja saja. Akan tetapi memberikan kesempatan bagi anak untuk duduk dengan rileks di atas lantai, sambil mendengarkan guru bercerita, mendongeng ataupun menyampaikan materi pelajarannya.

Komunikasi yang terjalin adalah dua arah, anak bisa dengan leluasa bertanya dengan tetap menjaga kaidah kesopanan dan seorang guru bisa lebih dekat mengenal karakter setiap muridnya.

Alhasil, biasanya anak yang terkadang sulit diam ataupun terlalu banyak geraknya, dia akan dapat mengendalikan aktifitasnya tersebut karena mendapat perhatian yang sama dari gurunya.

so...jangan takut untuk berinovasi ataupun berkreasi agar lebih dapat menciptakan suasanya yang nyaman dan menyenangkan selama proses pembelajaran di kelas TK berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar