Selasa, 31 Juli 2012

Mendidik Generasi Islami

TK Muslimat NU Khoirunnisa I merupakan salah satu Taman Kanak-Kanak (TK) di bawah naungan Yayasan Pendidikan Muslimat Nahdlatul Ulama Bina Bakti Wanita perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berdiri pada tahun 2002 dan dibina langsung oleh Muslimat NU yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang.
Pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan mencakup nilai-nilai agama, bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris), membaca dan menulis, pengembangan karakter, moral, pengembangan motorik kasar dan halus, sains, serta kegiatan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Kegiatan menyambut Ramadhan ini juga merupakan salah satu program kerja yang ada di TK Muslimat NU Khoirunnisa I Kota Pangkalpinang.

praktek wudhu bersama

Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Sesuai dengan motto TK Muslimat NU Khoirunnisa I adalah mendidik generasi yang islami, kreatif, mandiri dan berprestasi. Mengajar dan menanamkan moral kepada anak adalah usaha yang strategis. Meskipun jumlah anak-anak mungkin hanya sekitar 25% dari jumlah penduduk, tetapi akan menentukan 100% masa depan suatu bangsa.
Pendidikan karakter atau budi pekerti plus sangat dibutuhkan saat ini, dimana pendidikan yang mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi yang ada pada anak (kognitif, fisik, sosial, emosional, kreatifitas dan spiritual).

 
praktek sholat dhuha bersama


Salah satu contoh subtema yang ada dan merupakan program kerja di TK Muslimat NU Khoirunnisa I saat semester I (satu) ini adalah Ramadhan. Agar anak-anak memahami dan mengerti tentang puasa Ramadhan, maka saat bulan Ramadhan tiba seperti saat ini, salah satu kegiatan yang rutin diadakan di sekolah kami yaitu makan bersama ditiadakan. Sejak dini anak-anak dilatih untuk hidup bertoleransi dengan sesama teman dan dilatih untuk belajar berpuasa, meskipun mungkin hanya sebentar untuk tidak makan dan minum saat berada di sekolah.
Di saat bulan Ramadhan pembelajaran pendidikan agama lebih ditingkatkan, seperti praktek wudhu, sholat dhuha berjamaah, mengulangi membaca surat-surat pendek, do’a  sebelum belajar, do’a  untuk kedua oangtua, do’a niat puasa dan berbuka puasa, mengaji iqro’, do’a pulang sekolah, do’a keluar rumah, do’a naik kendaraan maupun do’a sehari-hari yang lainnya.
Dengan kegiatan pembelajaran plus penanaman nilai-nilai keagamaan seperti di atas akan menumbuhkembangkan nilai-nilai islami sejak dini dalam diri anak-anak sesuai dengan misi sekolah. Di samping itu juga memberikan pengertian, pemahaman dan kecintaan  anak-anak terhadap datangnya bulan suci Ramadhan, sehingga mereka mampu merasakan betapa indahnya bulan Ramadhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar