Senin, 01 Oktober 2012

Mewujudkan Kecerdasan Secara Utuh

Taman Kanak-kanak (TK) Muslimat NU Khoirunnisa I merupakan salah satu TK di bawah naungan Yayasan Pendidikan Muslimat Nahdlatul Ulama Bina Bakti Wanita perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berdiri pada tahun 2002 dan dibina langsung oleh Muslimat NU yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang.
Dalam proses pendidikan dan pembelajaran, TK ini berupaya menumbuhkan kecerdasan utuh, baik intelektual, emosional dan spiritual serta membangun jiwa nasionalisme dalam diri siswa.
Kecerdasan intelektual diperoleh melalui pelajaran bahasa Indonesia, Arab dan Inggris, membaca, menulis dan sains sebagai pengetahuan serta perkembangan otak kanan. Pembelajaran dengan materi pengetahuan seperti benda langit, tegnologi komunikasi dan transportasi, selain memberikan wawasan lebih kepada siswa, juga menjadikan siswa bersemangat untuk belajar membaca dan menulis.
Kecerdasan emosional dibangun dengn menerapkan sikap empati, toleransi, kreatif, santun dan mandiri dalam bertindak maupun belajar selama berada di lingkungan sekolah. Setiap pagi dan siang sebelum pulang sekolah siswa dibiasakan untuk mengucapkan dn menjawab salam kepada guru, sehingga akan menumbuhkan rasa santun mereka terhadap orang yang lebih tua.
Permainan-permainan simulasi dan makan bersama diharapkan dapat mengikis sikap egois siswa berganti dengan empati dan toleransi. Pembelajaran melakukan segla kebutuhannya secara pribadi dapat membiasakan siswa mandiri serta kreatif dalam mewujudkan kebutuhannya.

mengaji iqra' rutin setelah makan bersama

Kecerdasan spiritual ditingkatkan dalam pembelajaran praktek wudhu, sholat dan mengaji iqra’. Setiap hari senin hingg jum’at siswa mengaji iqra’ secara rutin setelah kegiatan makan bersama. Sedangkan khusus hari jum’at siswa melaksanakan praktek wudhu, sholat dhuha dan mengaji iqra’ secara bersama-sama.

TK Khoirunnisa I juga menumbuhkan jiwa nasionalisme dengan pembelajaran upacara upacara bendera setiap hari senin. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada siswa pada pentingnya menghargai perjuangan kemerdekaan.

kegiatan upacara bendera setiap hari senin

Salah satu program kerja di Tk Khoirunnisa I pada Semester I (satu) adalah bertema “kebutuhanku”, maka diadakan kegiatan “makan sehat” di sekolah. Pihak sekolah menyediakan makanan sehat dan bergizi, yaitu kacang hijau, roti dan susu, serta nasi uduk. Hal ini bertujuan agar siswa mengenal berbagai macam atau jenis makanan yang sehat dan bergizi dan menumbuhkan kesadaran pada siswa akan pentingnya makanan sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar